Senin, 03 Oktober 2011

Perkembangan Janin Ku (3)

Kira-kira seminggu sebelum memasuki bulan ramadhan, keadaanku mulai semakin membaik. Alhamdulillah. Mual-muntah ku sudah jauh berkurang, bahkan sudah tidak muntah lagi. Nafsu makan juga mulai membaik. Akhirnya sampai di bulan ramadhan, aku memutuskan untuk tetap berpuasa. Meskipun ada masukan dari sana sini menyarankan tidak usah puasa dulu, tapi aku rasa aku sanggup. Tiga hari pertama menjalani ibadah puasa, semua berjalan dengan lancar. Memasuki hari ke-4, kembali aku mengalami mual dan pusing, perut terasa sangat lapar. Karena tidak sanggup, dan hampir muntah, akhirnya aku putuskan untuk membatalkan puasa.

Malam harinya, aku memeriksakan diri kembali ke dokter kandungan. Tanggal 4 Agustus 2011, kandungan ku sudah berusia 19 minggu. Berdasarkan hasil USG, perkembangan janin ku baik. Walaupun masih samar, tetapi dr.Donny menyatakan bahwa jenis kelamin calon bayiku nanti kemungkinan adalah laki-laki. Mendengar hal itu, suamiku sangat senang sekali. Karena memang dia mengharapkan seorang anak laki-laki. Apapun jenis kelaminnya nanti, yang penting bisa lahir dengan sehat, normal, dan menjadi anak yg sholeh/ah. Aamiin Yaa Robbal Alamiin..

Gambar 5. Hasil USG minggu ke-19.

Sewaktu usia kandunganku berumur 5 bulan inilah untuk pertama kalinya aku merasakan gerakan janinku. Pertama kali aku rasakan yaitu ketika sedang membaca al-quran sehabis shalat maghrib. Tiba-tiba dari dalam perut seolah ada yang bergerak. Awalnya aku ragu apakah itu. Aku tidak yakin itu adalah gerakan janin. Aku mengira mungkin saja gerakan usus. Namun, setelah beberapa kali mengalaminya dan seiring berjalan nya waktu, maka gerakan janin itu makin jelas. Alhamdulillah bi barkati syahri ramadhan. Puasa ramadhan tahun ini pun bisa aku jalani dengan baik bersama dengan calon bayiku. Dalam satu bulan, hanya batal satu hari saja. Alhamdulillah.

Selama bulan ramadhan, nafsu makan semakin meningkat saja. Ditambah lagi shaum nya di kampung halaman, ya sudah... makan terussss. Apalagi setelah lebaran, seolah-olah balas dendam. Alhasil, berat badanku naik 8 kg dibandingkan sebelum hamil. Dari 49 kg menjadi 57 kg. Fiiiuuuhhhh...

Sekembalinya ke tangerang, waktunya kontrol kembali. Berdasarkan hasil USG tanggal 6 September 2011, usia kandungan ku telah memasuki 24 minggu (6 bulan). Alhamdulillah perkembangannya baik, struktur orofacial juga baik. Sewaktu di USG, janinnya tampak sedang menggerakkan tangannya dan mulut nya tampak seolah-olah sedang mengunyah. Alhamdulillah sehat. Kali ini jenis kelamin nya tampak lebih jelas. Menurut dr.Donny, kemungkinan memang laki-laki.

Ada sedikit hal yang menjadi perhatian adalah letak plasenta yang agak ke bawah. Mudah-mudahan semakin bertambah besarnya uterus, plasenta nya bisa sedikit tergeser ke atas. Dan semoga saja, ruang bagian bawah uterus cukup luas untuk kepala sang bayi. Karena kalau tidak, dikhawatirkan, badannya akan berputar ke atas dan menjadi sungsang. Jangan sampe ya Allah.... Smoga smuanya bisa normal nantinya sampai melahirkan. Aamiin.

Gambar 6. Hasil USG minggu ke-24.

Robbii ij'alnii muqiima sholah wa min dzurriyyatii. Robbanaa wa taqabbal du'a. Aamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar